Poktan Wanita Kuda Terbang Puuppo Kelolah Pupuk Organik

Mengelola pupuk organik
Ketua Kelompok Tani Wanita Kuda Terbang, Kristina Punga Mengelola pupuk organik dengan anggota kelompok

Tambolaka – Poktan (Kelompok tani) Wanita Kuda Terbang Puuppo Desa Weepangali Kecamatan Kota Tambolaka kabupaten Sumba Barat Daya mengelola pupuk organik.

Pengelolaan pupuk organik dalam rangka mendukung pemerintah agar kelompok tani tidak bergantung pada subsidi pupuk dari pemerintah.

Poktan Wanita Kuda Terbang berjumlah 31 orang yang mengolah pupuk organik dengan bahan bahan olahan pupuk organik.

Adapun bahan bahan yang di olah Menjadi bahan olahan pupuk organic, batang pisang yang diiris, daun gamal, daun lamtoro, daun Tebelalang Pau jagung, Pau padi, 1 Kg gula pasir, EM 60 seloki, abu dapur, kotoran hewan dan serbuk kayu .

Lama pengolahan pupuk organik selama 15 hari dan setiap 2 hari selalu dibolak balik agar adukannya merata serta dapat meresap dan menyatu semua bahan olahan pupuk organik.

Demikian disampaikan Ketua Poktan Wanita Kuda Terbang Puuppo, Kristina Punga di lokasi pengolahan pupuk beberapa waktu lalu.

Lanjut Kristina, pengolahan pupuk organik, semua bahan olahan ada disetiap keluarga hanya proses pengolahan pupuk butuh kesabaran dalam kelompok.

Yang mana, Anggota kelompok sangat bervariasi dan tingkat pengalaman dan pendidikan sangat berbeda pula dalam mengelola pupuk organik.

Kelompok ini sudah menjalankan pengolahan pupuk organic selama 6 bulan. Untuk menjadi contoh di keluarga,dan sangat membantu dalam memperkuat dapur hidup.

Selain itu, dengan kesibukan ibu-ibu didalam kelompok tani dapat menunjang pendapatan ibu ibu sekaligus meringankan beban dalam rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *