Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Yang Di Kabupaten Kupang Ada 23

Parpol Calon peserta pemilu 2024 pose bersama Komisioner KPU Kabupaten Kupang
Parpol Calon peserta pemilu 2024 pose bersama Komisioner KPU Kabupaten Kupang

OELAMASI – Parpol calon Peserta pemilu 2024 yang tercatat di KPU Kabupaten kupang ada 23 Partai Politik (Parpol).

Ke-23 Parpol calon peserta pemilu 2024 tesebut terdiri dari Partai yang memiliki seat (kursi) di DPRD Kabupaten Kupang maupun Partai Pendatang baru dan partai yang tidak memiliki kursi.

23 Parpol calon peserta pemilu 2024 yang memiliki kursi seperti, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai PAN, Partai PKB, Partai Golkar, Partai Gerindera, Partai PDIP, Partai Demokrat, Partai PKP, Partai PBB, Partai PSI dan Partai Perindo.

Sedangkan Partai lama tapi tidak memiliki kursi di DPRD Kabupaten Kupang, seperti PKS dan PPP.

Sementara untuk Partai calon peserta pemilu 2024 yang baru seperti Partai PKN, Partai Prima, Partai Parsindo, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Republik Satu, Partai Republik, Partai Gelora Indonesia dan Partai Ummat.

Terhadap Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 KPU Kabupaten Kupang, 16 Agustus 224 telah menerima data anggota.

Total data aggota dari 23 Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 yang dilakukan verifikasi mencapai 17.706 anggota.

Kemudian KPU Kabupaten Kupang, pada 9 September 2022 melakukan verifikasi administrasi pada Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 mendapat kesimpulan dari 23 Parpol, 17 Parpol yang berstatus Memenuhi Syarat (MS) dan 6 Parpol tidak memenuhi Belum Menuhi Syarat (BMS)

Pelaksana Harian (Plh) Ketua Komisioner KPU Kabupaten Kupang, Johanes Tunbonat, Kamis (29/9) dalam Rakor Persiapan verifikasi administrasi (Verad) Perbaikan dan Verifikasi Faktual (Verfal) bagi Parpol calon peserta pemilu tahun 2024 di Aula Gereja Elim Naibonat mengatakan tahapan pemilu 2024 sudah dimulai.

Dikatakan bahwa tahapan pemilu sudah dimulai dari 14 juni 2022 dan sudah mulai berjalan, yaitu pendaftaran Parpol mulai 1-14 Agustus 2022.

Setelah pendaftaran Parpol, KPU Kabupaten/Kota melakukan verifikasi administrasi Partai Politik melalui dokumen yang diunggah melalui Sipol.

“ Yang ketiga, verifkasi perbaikan bagi Parpol memasukkan dokumen yang dimulai 15-28 September 2022,” kata Tunbonat.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan verfikasi administrasi perbaikan mulai 1-9 Oktober 2022.

Selain verifikasi administrasi Partai Politik sampai dengan verifikasi faktual, ada tahapan yang tidak kalah penting yaitu dibulan oktober 2022 adalah pemutakhiran data pemilih.

“ Pemutakhiran data pemilih termasuk juga pembentukan panitia ad hoc yang ada di Kecamatan maupun di desa,” ujar Tubatonu.

Dikatakan lanjut, dibulan oktober 2022, selain verifikasi administrasi dan verifikasi faktual ada tahapan pemutakhiran data pemilih serta pembentukan panitia ad hoc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *