YASPENSI Gelar Malam Kemerdekaan Dengan Pentas Seni Virtual

  • Bagikan
Yaspensi
Peserta malam malam kemerdekaan virtual yang diselenggarakan Yaspensi

SOE, SN- Memeriahkan perayaan HUT ke-76 RI, Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi) menggelar Malam Kemerdekaan Talksow dan Pentas Seni Virtual.

Kegiatan yang digelar melalui aplikasi zoom meeting dan ditayangkan secara live oleh kanal youtube “Buka Buku Channel” Selasa (17/08/2021).

Saat itu juga sekaligus peluncuran perdana Mars Yaspensi.

Ketua Yaspensi, Marianus Seong Ndewi mengatakan kegiatan pentas seni ini digelar sebagai salah satu perwujudan visi Yaspensi.

Visi Yaspensi yakni, “Menjadikan Manusia Indonesia Berkarakter Berbasis Kepustakaan, Seni, Riset dan Teknologi.”

Kata Ndewi, Kegiatan ini juga menjadi bagian penting dalam memperkenalan Yaspensi kepada public.

Bahwa Yaspensi sebagai sebuah Yayasan yang siap menjadi bagian dari pembangunan manusia Indonesia.

“ Sebuah Yayasan, hasil refleksi dan evaluasi pada perjalanan proses pendidikan Indonesia saat ini, rasanya belum bisa berlari cepat. Terkadang ada kesenjangan,”ujar Ndewi.

Ada Ketimpangan

Kata Dia, daerah yang maju terus maju, dan daerah yang tertinggal terus ketinggalan. Padahal semua punya ruang dan kesempatan yang sama untuk maju mengisi peradaban.

“Kami hadir mencoba mengisi ruang baru, sastra dan seni dengan kekuatan riset dan teknologi, berusaha untuk memajukan karakter anak bangsa,” Ungkapnya.

Talkshow bertema “Tangguh dan Tumbuh dalam Karakter” dipandu Sastrawan NTT, Robert Fahik dengan menghadirkan Dr. Marsel Robot (penulis, dosen Undana Kupang) dan Agustinus Beda Ama, sebagai narasumber utama.

Hadir pula sebagai pemantik yakni, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, Kepala LPMP Papua Barat, Johnly Edison Sulla, dan Kepala Kantor Bahasa Provinsi, Syaiful Bahri Lubis.

Peserta Malam Virtual

Sementara pentas seni virtual menghadirkan musikalisasi puisi dan solo gitar dari Akustik Secangkir Kopi Kupang.

Permainan Sasando dari Yopi Sengkang dan Trompet dari Ino Sengkang.

Tampil juga pembacaan puisi dari sastrawan dan sahabat Yaspensi yakni, Masinta (Riau), Rini Febriani Hauri (Jambi), Fini Marjan (Tengerang), Elsita L. Guntar (Bali), John Tubai (Atambua), Risma Dewi Purwita (Sumba), Syahryan Khamary (Maluku Utara), dan Gody Usnaat (Papua).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Yaspensi, Robertus Elyakim Lahok Bau dan Badan Pembina dan Pengawas serta para koordinator bidang Yaspensi.

Perwakilan FTBM Provinsi NTT dan Kab/Kota, guru, pegiat sastra pemerhati pendidikan, pers, serta perwakilan pelajar Indoensia di Australia.

  • Bagikan