Ini 12 Tugas Utama Panitia Persiapan Pemekaran Menuju Provinsi Sumba  

  • Bagikan
Berita Acara
Berita Acara daftar hadir inisiator saat pertemuan

Ini 12 Tugas Utama Panitia Persiapan Pemekaran Menuju Provinsi Sumba 

  1. Mengkordinir segala persiapan untuk memekarkan daerah otonomi baru (DOB).
  2. Melakukan konsolidasi dengan semua elemen masyarakat dan mempersiapkan persyaratan administrasi pendukung lainnya dalam rangka pemekaran
  3. Membangun komunikasi secara intensif dengan menggerakan partisipasi dan peran para petinggi pemerintahan di daerah (Bupati dan jajaran birokrasi) dan para wakil rakyat. tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda maupun cendikiawan sebagai  pembawa  aspirasi di empat Kabupaten sedaratan Pulau Sumba.
  4. Memfasilitasi terbentuknya Tim penghubung disetiap Kabupaten dan Kecamatan disetiap daerah dalam wilayah sedaratan Sumba.
  5. Membangun akses secara bersama antara  DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR- RI, DPD – RI untuk memperjuangkan pencabutan status moratorium sejak tahun 2014.
  6. Mendorong Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kepentingan diwilayah Kabupaten Sumba Timur untuk memperjuangkan kembali usulan pemekaran DOB ke Pemerintah Pusat, seluruh berkas usulan pemekaran Kabupaten Sumba Timur sejak tahun 2008 telah diserahkan Ke Mendagri.
  7. Mendorong anggota DPR-RI, dan anggota DPD –RI Dapil Sumba sebagai keterwakilan di senayan untuk mensuport dukungan kepada Komisi I DPD – RI dan Komisi II DPR-RI dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Kemendagri untuk dapat melakukan verifikasi faktual kelapangan.Tentang : Kelayakan dan kemampuan calon daerah otonomi baru(CDOB) di Kabupaten Sumba Timur setelah status moratorium oleh Pemerintah Pusat dicabut atau dibuka kembali.
Baca Juga:  Sumba Bangkit, Provinsi Sumba Ramai Dibicarakan Inisiator, berikut nama-nama Panitia Pemekaran

Bumi Loda Wee  Maringi Pada Wee Malala

  1. Mendorong dan menggerakan aksebilitas Pemda Kabupaten Sumba Barat Daya untuk memekarkan Desa/Kecamatan sebagai upaya pemenuhan prosedur dan syarat pemekaran/pembentukan 5(lima) Kecamatan untuk pembentukan daerah kabupaten dan paling sedikit 4(empat) kecamatan untuk pembentukan daerah kota.

Hadirnya kota Administratif di Bumi Loda Wee  Maringi Pada Wee Malala sebagai salah satu syarat dan alternatif pilihan menuju Provinsi Sumba kedepan dan  dapat  mewadahi Kabupaten yang ada di daratan pulau Sumba.

  1. Membangun penguatan akses publik tentang pembentukan daerah kota (Kota Adminitratif/Kotif), karena kabupaten Sumba Barat Daya dapat memenuhi persyaratan dan kapasitas persyaratan teknis lainnya.
  2. Mendukung kebijakan pemerintah untuk penanganan covid – 19 dan pemulihan ekonomi nasional serta masih memberlakukan penundaan (moratorium) pemekaran daerah.
  1. Dalam upaya mengatasi persoalan bangsa dan Negara dalam menghadapi Pandemi Covid – 19, maka diharapkan dalam kurun waktu masa kepemimpinan Bapak Presiden RI ( Bapak Joko Widodo) dan Bapak Wakil Presiden RI (Bapak Maruf Amin) dapat mempertimbangkan kembali untuk membuka kran pemekaran daerah otonomi baru.
  2. Mendorong dan mendukung hadirnya KOREM Sumba di pulau Sumba. Pertimbangan tersebut karena pulau sumba berbatasan    dengan Negara luar
Baca Juga:  Pembentukan Provinsi Sumba Dimulai Dari Rumah Ketua Panitia

 

  • Bagikan