Kebaktian Kamis Putih Di Gereja Katolik Tulungagung Pengamanan Ketat Aparat Keamanan

  • Bagikan
Gereja Katolik Santa Maria Tulungagung
Gereja Katolik Santa Maria Tulungagung di jaga ketat oleh aparat keamanan Polri maupun TNI

Tulungagung, safarintt- Kebaktian Kamis Putih di gereja Katolik Santa Maria Tulungagung di jaga ketat oleh aparat keamanan Polri maupun TNI.

Penjagaan ketat ini mulai di lakukan menjelang perayaan Kamis Putih, Rabu (31/3) untuk menjaga berjalan ibadah berjalan dengan aman dan kondusif.

Hal ini di sampaikan oleh Romo Paroki Gereja Katolik Santa Maria Tulungagung, Siprianus Yitno melalui Dewan paroki, Didik Firmanto kepada media safarintt.com, Kamis (1/4/2021) malam.

“Kebaktian malam ini di namakan Kamis Putih, rangkaian ini di laksanakan menjelang Perayaan Paskah jatuh pada Minggu 4 April,” katanya.

Didik menambahkan, Minggu Palma itu Yesus masuk ke Yerusalem dan di elu-elukan sebagai Raja, walaupun akhirnya wafat di kayu salib.

“Sedangkan kebaktian Kamis Putih ini Yesus mengenangkan Ekaristi,” tambahnya.

Lanjut Didik, Yesus membasuh kaki para murid dan hal ini menunjukan kerendahan hati di perlukan manusia untuk orang lain.

Jadi cukup membasuh dengan kaki. Dan ini di bacaan ada bahwa Petrus minta kenapa tidak sekalian mandi saja, di jawab Yesus cukup dengan membasuh kaki saja.

“Pada kamis putih, hari di mana Yesus di serahkan kepada orang-orang Yahudi,”terang Didik.

Lebih lanjut Didik menjelaskan hari Jumat besok itu namanya Jalan salib, sedangkan pada Sabtu itu malam paskah di lanjutkan Minggu Paskah.

“Yesus wafat pada Jumat agung, sedangkan bangkit 3 hari setelah kematiannya,” jelas Didik.

Tema Paskah pada Minggu lusa nanti, bersama Petrus Kita Mengenal Yesus sebagai Guru dan Tuhan.

Menurut Didik menyampaikan semua rangkaian kebaktian Kamis Putih ini berjalan lancar, aman dan kondusif.

” Jemaat hadir malam ini ada 240 dari kapasitas gereja 700. Dan, jemaat yang tetap menggunakan masker dengan protokoler kesehatan ketat,” paparnya.

Sebelum melakukan ibadah aparat keamanan telah melakukan sterilisasi ruangan gereja.

“Aparat keamanan telah melakukan sterilisasi ruangan gereja sebelum kebaktian Kamis Putih berlangsung,” tukasnya.

Dalam pantauan media nampak penjagaan ketat dari pihak aparat Polres Tulungagung bersama anggota Kodim 0807/Tulungagung.

  • Bagikan