Makna Rumah Adat dan Hau Monef Suku Sila Di Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Bagikan
Rumah adat
Rumah Adat Suku Sila Di Kelurahan Benpasi Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara

Kefamenanu – Makna rumah Adat dan Hau Monef Suku Sila berada di Kelurahan Benpasi Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. rumah Adat dan Hau Monef Suku Sila masih dipelihara dan dirawat di salah satu kampung yang tidak jauh dari keramaian kota Kefamenanu. Rumah Adat dan Hau Monef Suku Sila masih dirawat sebagai sebuah cagar budaya, bukan saja ditutur oleh para tetua tapi masih berdiri kokoh sampai saat ini. rumah Adat dan Hau Monef Suku Sila Ini sebagai bagian dari tanda bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku.

Sejak dahulu, nilai-nilai ritual nenek moyang berupa tradisi-tadisi masih dipertahankan hingga zaman mileanial ini. Nilai budaya selalu terawat sejak dahulu kala sebagai bagian dari nilai luhur nenek moyang suku sila.

Baca Juga:  GMKI Kefamenanu Kerja Bakti di Tiga Tempat Rumah Ibadat Termasuk  Mesjid Jami Al-Muhajirin

Perawatan Rumah adat sebagai bukti fisik dari suku Sila dalam menjaga adat dan kebiasaan serta norma-norma yang dipegang hingga saat ini.

Adapun perincian serta makna dari rumah ada suku sila di Kelurahan Benpasi dengan fungsinya.

Didalam rumah Adat, ada ruang atau tempat anggota suku bertemu. Ruangan ini yang biasa memasuki hanya orang-orang didalam suku. Orang lain selain suku sila dilarang untuk masuk.

Selain ruang khusus bagi pertemuan suku sila, dirumah adat ini juga disiapkan ruangan untuk tempat curahan hati. Curahan hati baik itu masalah masa depan dan tantangan dan rintangan dalam kehidupan.

Baca Juga:  Posko Satgas Covid-19 Tingkat Desa Di TTU Kembali Diaktifkan

Selain itu, rumah ada rumah Adat Suku Sila ini juga disiapkan ruangan/ tempat berdoa bagi nenek moyang. Begitu juga tempat meminta berkat baik dari leluhur, alam dan Sang Kuasa disiapkan ruangan khusus.

Selain didalam ruangan, tepat depan rumah adat rumah Adat Suku Sila  berdiri tegak “Hau Monef”. Hau Monef mengandung artinya, Hau berarti kayu dan Monef berarti laki-laki.

Secara harafiah Hau Monef dari rumah Adat Suku Sila mengandng arti “ pemandu ritual”. Artinya bahwa untuk memandu ritual haruslah seorang laki-laki dari suku Sila bukan wanita.

Baca Juga:  Ini Mahasiswi Penulis Novel “Joana” Ditengah Pandemik Dari Timor Tengah Utara

Hau monef sendiri memiliki beberapa pengertian sebagai berikut, hau monef dipahami sebagai tempat menghormati para leluhur (baik awal dan akhir tahun, musim panen, musim tanam bahkan ritual-ritual lainnya). Selain menghormati para leluhur, hau monef juga bisa bemakna memperingati dan memanggil arwah nenek moyang mereka yang wafatnya tidak diketahui (di medan perang,)

Hau Monef
Hau monef atau pemandu ritual dipasang di depan Rumah adat

Namun juga, Hau monef bisa sebagai tempat mendoakan anak cucu yang sakit atau meminta berkah atau penyembuhan kepada nenek moyang. Namun, akhir dari semua rituan hau monef yang terpenting adalah semua ritual ditujukan kepada Sang Pencipta

Copas Dari: Keluarga Besar Sila, di Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, TTU.

  • Bagikan